Thursday, April 23, 2009

Serangan fajar di Tapsel (note 4)

Di tapanuli selatan, pada umumnya serangan fajar dilakukan dengan memberikan uang tunai kepada para pemilih dengan range antara 150 000 rupiah hingga 200 000 rupiah. Uang ini diserahkan kepada para pemilih dengan memakai tim sukses per desa atau kelurahan.

Lebih ekstrim adalah memberikan uang kepada pemilih sekitar satu atau dua jam sebelum jam J. dari pemantauan jumlah uang yang diberikan sekitar 200 000 per pemilih. Seorang tim sukses membawa uang di dalam karung kedekat TPS dan membagikan kepada pemilih yang bersedia memilih calon yang ditentukan.

Modus yang lebih unik adalah sogokan berupa beras sekitar 5 kg, disertai dengan uang sebesar 50.000 didalamnya. Pekerjaan ini cukup rumit. Sebuah truk atau pick up dibutuhkan beserta dengan tenaga beberapa orang pada malam hari untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Tim tersebut tidak perlu membangunkan calon pasiennya pagi pagi buta, cukup meletakkan beras, uang 50 ribu, beserta dengan kartu nama sang caleg di dalamnya. Dengan demikian sang pemilik rumah akan mengetahui siapa yang memberikan ‘oleh-oleh’ tersebut.

Free Hit Counters

Free Counter
Locations of visitors to this page

No comments: