Friday, July 18, 2008

cinta dan lewat tengah malam

= Cintalah, kata Karl Marx, yang ”pertama mengajarkan manusia untuk percaya pada dunia di luar dirinya” begitu kutipan tulisan seorang teman yang dikirimkan ke aku tadi, lewat tengah malam. ditengah rangsangan otak untuk menyelesaikan draft desain riset, dan draft desain internship sekaligus. sekitar pukul empat subuh, aku sudahi tulisan itu, dan tidur.

entah kenapa, seorang kawan mengirimkan sebuah artikel yang sangat padat, bertajuk perempuan-perempuan disekitar marx dan engels....beliau menyebutkan bahwa peran perempuan ternyata besar,ditengah lahirnya karya-karya besar Marx, yang luput dari penulis-penulis laki-laki abad 19.

Seputar kontroversi, apakah marx lebih mencintai das kapital daripada jenny, kekasihnya. dari tulisan itu, yg baru pagi ini bisa ku baca, ternyata Marx juga
seorang yang romantis. bukan dari tulisan itu, entah ini benar atau tidak, konon katanya Marx musuhan berat dengan Bakunin bukan karena ideologi, tetapi karena mereka mencintai perempuan yang sama yang merembet pada persoalan, asal bukan bakunin, dan asal bukan marx..hahaaa...

suatu kali aku bersama teman2 mendiskusikan aspek-aspek pribadi marx. dalam bacaan yang ada, ternyata marx juga seorang cukup yang romantis. kepada perempuan yang sangat dicintainya, dia rela membeli bunga, dengan honor pertama tulisannya, dan oleh karenanya dia harus hemat makan, karena ngga punya duit.....:)

thus, bagaimana memberikan jawaban yang paling akurat, ditengah umur yang pendek,hanya 61 th, Marx bisa mengalokasikan waktu dan pikiran terhadap orang yang dicintainya? sementara dengan umur sependek itu, dia menghasilkan ratusan karya tulis dan puluhan buku, serta bible bagi lebih setengah umat manusia, das kapital 1,2 dan 3 itu?

bagaimana menjawab pertanyaan bahwa hampir semua orang-orang yang dicintainya, termasuk anak kesayangannya Laura, meninggal lebih awal dari dia?

aduh lapar, aku belum mau mati muda.

king. july 18, bangun kesiangan.

No comments: